Kita
telah mempejari cara konsumen menghasilkan informasi yang menghasilkan
sekumpulan merek-merek yang akhirnya dipilih. Bagaimana cara konsumen memilih
dari alternatif merek yang ada?
Pemasar
perlu memahami proses pengevaluasian alternatif-yakni, cara konsumen memproses
informasi yang menghasilkan berbagai pilihan merek. Sayangnya, konsumen tidak
melakukan satu evaluasi secara tunggal dan sederhana, tetapi konsumen mungkin
melakukan beberapa proses avaluasi. Sikap konsumen
terhadap sejumlah merek tertentu terbentuk melalui beberapa prosedur evaluasi.
Cara
konsumen memulai usaha mengevaluasi alternatif pembelian tergantung pada
konsumen individual dan situasi pembelian tertentu. Dalam beberapa kasus,
konsumen menggunakan kalkulasi yang cermat dan pikiran yang logis. Dalam waktu
yang lain, konsumen bersangkutan mengerjakan sedikit atau tidak mengerjakan
evaluasi sama sekali; melainkan mereka membeli secara impulsif atau bergantung
pada intuisi.
Terkadang
konsumen membuat keputusan sendirian, kadang tergantung pada teman, petunjuk
konsumen, atau penjual untuk mendapatkan saran pembelian. Jika ia tadi
mempersempit pilihannya menjadi empat kamera.juga dapat dianggap ia hanya
tertarik pada empat atribut kualitas gambar, kemudahan penggunaan, ukuran kamera
dan harga. Ia telah membentuk keyakinan tentang berapa peringkat merek menurut
masing-masing atribut.
Jelas,
jika terdapat satu kamera yang mendapat peringkat terbaik dalam semua atribut,
dapat kita perkirakan, bahwa ia akan memilihnya. Namun, merek dapat
berbeda-beda daya tariknya. Keputusan pembeliannya mungkin berdasarkan pada
hanya satu atribut, oleh karena itu pilihannya akan mudah ditebak.
Jika
ia menginginkan kualitas gambar merupakan atribut yang paling penting di atas
yang lain, ia akan membeli kamera yang mempunyai gambar terbaik. Tetapi pembeli
mempertimbangkan beberapa atribut yang masing-masing tingkat kepentingannya
berbeda-beda.
Jika
kita mengetahui bobot kepentingan yang diberikannya tiap-tiap atribut dari
keempat atribut tersebut, kita dapat memperkirakan pilihan merek kamera yang
akan dibelinya sehingga lebih dapat diandalkan ketetapan perkiraannya.
Pemasar
harus mempelajari pembeli supaya dapat mengevaluasi alternatif merek secara
aktual. Jika pemasar mengetahui proses evaluasi seperti apa yang terjadi,
pemasar dapat mengambil langkah untuk mempengaruhi keputusan pembeli.
Posting Komentar