Mengingat
luasnya ruang lingkup pasar, maka pembagian pasar didasarkan atas berbagai
ukuran sebagai berikut;
Berdasarkan
ukuran luas geografis, dibedakan menjadi:
·
Pasar lokal
Yang dimaksud pasar lokal adalah pertemuan
penawaran dan permintaan akan barang dan jasa sebatas daerah setempat. Produk
yang ada di pasar umumnya sangat terbatas dan untuk memenuhi kebutuhan lokal.
·
Pasar regional
Yang dimaksud pasar regional adalah penawaran
dan permintaan akan barang dan jasa dimana produk yang ada di pasar untuk
memenuhi kebutuhan daerah/wilayah regional. Sebagai contoh permintaan dan
penawaran tepung sagu sebagai makanan pokok sebagian besar terdapat pada daerah
Maluku. Oleh sebab itu pasar regional sagu terdapat di wilayah Maluku dan
sekitarnya.
·
Pasar internasional
Pasar internasional atau pasar dunia adalah
permintaan dan penawaran berbagai produk dan jasa yang dihasilkan oleh suatu
negara untuk dipasarkan ke negara lain. Contoh Indonesia menghasilkan
rempah-rempah, minyak, ukir- ukiran dan banyak ditawarkan ke negara lain.
Sebaliknya Indonesia banyak membeli barang elektronik dan mesin-mesin untuk
memenuhi kebutuhan dalam negeri.
Berdasarkan
ukuran waktu, dibedakan menjadi:
·
Pasar harian
Pada pasar jenis ini, keseimbangan antara
permintaan dan penawaran bersifat sementara dan jangka pendek, sehingga jumlah
barang yang tersedia sedikit dan terbatas pada hari itu saja. Pada pasar ini
tidak ada kesempatan untuk memperbanyak jumlah barang di pasar.
·
Pasar jangka pendek (short run market)
Dalam pasar ini terdapat kesempatan untuk
memperbesar jumlah barang yang diperdagangkan. Akan tetapi hanya sebatas faktor
produksi yang tersedia.
·
Pasar jangka panjang (long run market)
Pada pasar jangka panjang perusahaan dapat
menghadapi penambahan permintaan karena dapat mengubah produksinya dengan
mengubah jumlah alat produksi untuk memenuhi permintaan pasar.
Berdasarkan
kegiatannya:
·
Pasar barang
Yang dimaksud pasar barang adalah tempat
pertemuan permintaan dan penawaran barang. Dengan berkembangnya jumlah penduduk
dan alat pemuas kebutuhan maka pasar barang menjadi sangat beragam, misalnya
pasar buah, pasar sayuran, pasar buku, pasar barang elektronik dan sebagainya.
·
Pasar tenaga
Yang dimaksud pasar tenaga adalah permintaan
dan penawaran tenaga kerja. Seperti diketahui permintaan tenaga kerja Indonesia
ke Timur Tengah sangat tinggi, sehingga banyak perusahaan yang bergerak dalam
penyaluran tenaga kerja luar negeri. Transaksi antara penyalur tenaga kerja di
Indonesia dengan perusahaan penyalur tenaga kerja di Timur tengah adalah pasar
tenaga kerja.
Posting Komentar