Pembeli
di pasar industri menjadi bulan-bulanan dari banyak pengaruh ketika mereka
mengambil keputusan pembelian. Beberapa pemasar menganggap bahwa pengaruh utama
adalah ekonomi. Mereka berpendapat pembeli cenderung akan memilih pemasok yang
menawarkan harga paling rendah atau produk yang paling baik atau yang
memberikan pelayanan paling banyak.
Mereka
memusatkan perhatian guna menawarkan manfaat ekonomi yang besar kepada pembeli.
Aka tetapi, pembeli di pasar industri sebenarnya menanggapi baik faktor ekonomi
maupun faktor pribadi. Pembeli di pasar industri adalah manusia dan berjiwa
sosial juga, bukannya orang yang dingin dan tanpa perasaan, penuh perhitungan,
bak robot. Mereka bereaksi terhadap nalar dan juga emosi.
Saat
ini, pemasar di pasar industri menyadari emosi memainkan peranan penting dalam
pengambilan keputusan pembelian. Misalnya, anda mungkin mengira bahwa iklan
truk besar yang ditujukan kepada pembeli truk besar untuk perusahaan akan menekankan
pada teknis, kinerja, dan faktor ekonomi secara obyektif.
Namun
demikian, ikaln aramada truk berat Volvo baru-baru ini menampilkan dua
pengemudi truk tengah beradu panco dan mengklaim, ”ini dapat menyelesaikan
semua masalah armada angkutan anda, kecuali siapa yang akan mengemudikannya?”
Iklan
itu akhirnya menunjukkan bahwa saat ini di tengah kesulitan memperoleh
pengemudi, tipe truk tertentu dapat menarik pengemudi yang berkualitas. Iklan
Volvo itu menekankan bahwa kecantikan dan kenyamanan, kelonggarannya, dan
fitur-fitur sebuah truk akan membuatnya lebih menarik pengemudi. Ikaln itu
menyimpulkan bahwa truk Volvo dibuat untuk membuat armada pengangkutan lebih
menguntungkan dan pengemudi menjadi lebih merasa ikut memilih.
Ketika
para pemasok menawarkan sesuatu yang sangat serupa, pembeli industri mempunyai
dasar yang terbatas untuk membuat pilihan yang benar-benar rasional. Karena
mereka dapat mencapai tujuan organisasi dengan pemasok yang mana pun, pembeli
dapat menjadikan faktor pribadi memainkan peran yang lebih besar dalam
penjualan mereka.
Akan
tetapi, jika produk yang bersaing berbeda jauh, pembeli di pasar industri lebih
memikirkan akibat dari pilihannya dan cenderung memberi perhatian lebih pada
faktor ekonomi. Gambar 4.9. menunjukkan daftar berbagai kelompok yang
mempengaruhi pembeli industri-lingkungan, organisasi, hubungan antar pribadi,
dan individual.
Posting Komentar