Sekarang
karena kita sudah melihat berbagai pengaruh yang mempengaruhi pembeli, sekarang
kita melihat cara konsumen membuat proses pembelian.
Jelas bahwa proses pembelian berlangsung jauh sebelum pembelian aktual dan berlanjut jauh sesudahnya. Pasar perlu berfokus pada seluruh proses pengambilan keputusan pembelian bukan hanya pada proses pembeliannya saja.
Jelas bahwa proses pembelian berlangsung jauh sebelum pembelian aktual dan berlanjut jauh sesudahnya. Pasar perlu berfokus pada seluruh proses pengambilan keputusan pembelian bukan hanya pada proses pembeliannya saja.
Gambar
tersebut menyiratkan bahwa konsumen melalui seluruh lima tahap pada tiap
pembelian. Tapi pada pembelian rutin, konsumen terkadang melewatkan atau
membalik beberapa tahap itu.
Seorang
wanita yang kadang membeli pasta gigi merek yang biasa digunakannya akan mengenali
kebutuhan tetapi dia akan bergerak langsung ke proses pembelian, dengan
melewatkan pencarian informasi dan mengevaluasi alternatif. Namun, kita
menggunakan model pada gambar 4.7, karena model itu menunjukkan seluruh
pertimbangan yang muncul pada saat konsumen menghadapi situasi pembelian baru
yang kompleks.
Posting Komentar