Peranan Pasar Dalam Pemasaran Barang dan Jasa

Setiap produsen menginginkan barang dan jasa yang diproduksi dapat segera sampai ketangan konsumen. Mekanisme yang dilakukan adalah melalui pasar, yakni tempat pertemuan penawaran dan permintaan yang akan menyebabkan terjadinya harga.

Pada situasi perekonomian zaman dulu dikenal dengan istilah economics of scarcity dimana saat itu jumlah barang kebutuhan yang dihasilkan masih belum begitu banyak dan jarang (scare) maka setiap barang yang diproduksi selalu terserap di pasar.

Peranan pasar pada situasi tersebut adalah sebatas tempat menjual. Situasi demikian ini dikenal dengan istilah seller’s market, artinya pasar milik penjual/ produsen karena setiap barang yang dihasilkan selalu laku terjual. Para penjual berkuasa dan dapat mempermainkan pasar.

Adanya revolusi industri di Inggris menimbulkan berbagai penemuan baru dalam teknik produksi yang dapat menghasilkan barang dan jasa secara besar-besaran.

Kecenderungan produsen adalah membuat barang sebanyak banyaknya tanpa memperhatikan konsumen, yang pada gilirannya pasar dibanjiri oleh barang- barang tersebut. Situasi seperti ini dikenal dengan istilah economics of relative plenty yakni barang-barang kebutuhan relatif banyak dibanding dengan konsumen yang memerlukan.

Kondisi seperti itu semakin meruncing dan persaingan antar produsen semakin ketat guna mendapatkan bagian pasarnya. Keadaan seperti ini disebut buyer’s market artinya pasar milik konsumen. Pada gambar berikut terlihat suatu keadaan dimana konsumen memiliki kebebasan untuk memilih dan menentukan permintaannya.

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget