Proses
pembelian bermula dari pengenalan kebutuhan (need recognition)-pembelian
mengenali permasalahan atau kebutuhan.
Pembeli
merasakan adanya perbedaan antara keadaan aktual dan sejumlah keadaan yang
diinginkan. Kebutuhan itu dapat dipicu oleh stimulus internal ketika salah satu
kebutuhan normal-lapar, haus, seks,naik ke tingkatan yang cukup tinggi sehingga
menjadi pendorong. Kebutuhan dapat dipicu oleh rangsangan eksternal.
Seseorang
mungkin merasa membutuhkan hobi baru ketika kesibukan pekerjaannya mulai
menurun, dan dia mulai memikirkan kamera setelah berbincang-bincang dengan
teman tentang fotografi atau setelah melihat iklan kamera. Pada tahap itu,
pemasar harus meneliti konsumen untuk mengetahui kebutuhan macam apa yang
menyebabkan kebutuhan itu muncul, dan bagaimana cara pemasar menuntun konsumen
supaya membeli produk tersebut.
Setelah
mengumpulkan informasi seperti itu, pemasar dapat mengidentifikasi faktor-faktor
yang paling sering memicu ketertarikan terhadap produk dan mengembangkan
program pemasaran yang melibatkan faktor-faktor tersebut.
Posting Komentar