Faktor-faktor
Lingkungan
Pembeli
di pasar industri amat dipengaruhi oleh faktor-faktor dalam lingkungan ekonomi
saat ini dan yang diperkirakan, seperti tingkatan permintaan primer, ramalan
ekonomi, dan bunga pinjaman. Kalau ketidakpuasan ekonomi meningkat, pembeli di
pasar industri akan membatalkan investasi baru dan berusaha mengurangi
persediannya.
Faktor
lingkungan yang menjadi semakin penting adalah keterbatasan bahan baku kunci.
Semakin banyak perusahaan yang sekarang bersedia membeli dan menyimpan bahan
baku yang langka dalam jumlah besar untuk pasokannya memadai. Pembeli di pasar
industri juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi, politik, dan persaingan
di lingkungannya.
Budaya
dan adat istiadat juga mempengaruhi reaksi pembeli di pasar industri terhadap
perilaku dan strategi pemasar perusahaan tertentu, terutama di lingkungan
pemasaran internasional. pemasar di pasar industri harus melihat faktor-faktor
itu, menentukan cara faktor-faktor itu mempengaruhi pembeli, dan berusaha
mengubah tantangan tersebut menjadi peluang.
Faktor-faktor
Organisasi
Tiap-tiap
organisasi pembelian mempunyai tujuan, kebijakan, prosedur, struktur, dan
sistem tersendiri. Pemasar di pasar industri harus memahami faktor-faktor
organisasi secara menyeluruh. Pertanyaan-pertanyaan ini akan muncul: Berapa
banyak orang yang terlibat dalam pengambilan keputusan pembelian? Siapa sajakah
mereka? Apakah kriteria evaluasi mereka? Apakah kebijakan dan batasan
perusahaan mereka bagi pembelinya?
Faktor-faktor
Antar Pribadi
Pusat
pembelian biasanya melibatkan banyak peserta yang mempengaruhi satu sama
lainnya. Pemasar industri sulit sekali menentukan faktor antar pribadi dan
dinamika kelompok apa yang masuk kedalam proses pembelian. Salah seorang
penulis mengemukakan ”Manajer tidak memakai tanda pengenal bertuliskan
”pengambil keputusan” atau ”orang tidak penting”.
Yang
berpengaruh paling besar sering kali tidak tampak, paling tidak di mata petugas
penjualan perusahaan pemasok. Dan belum tentu peserta di pusat pembelian yang
memiliki jabatan tertinggi memiliki pengaruh terbesar. Peserta mungkin memiliki
pengaruh dalam keputusan pembelian karena mereka mengendalikan pemberian
imbalan dan hukuman, atau mereka yang banyak disukai, memiliki keahlian khusus,
atau memiliki hubungan khusus dengan peserta penting yang lain.
Faktor
antar pribadi terkadang sangat sulit dikenali. Kalau mungkin, pemasar di pasar
industri harus berusaha memahami faktor-faktor itu dan merancang strategi yang
memperhitungkan faktor-faktor tersebut mereka diperhitungkan.
Faktor-faktor
Individu
Tiap-tiap
peserta dalam proses keputusan pembelian di pasar industri membawa serta motif,
persepsi, dan preferensi pribadi. Faktor-faktor
individu itu dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur, penghasilan,
pendidikan, identifikasi profesional, kepribadian, dan sikap terhadap risiko.
Juga, pembeli mempunyai gaya pembelian yang berbeda-beda.
Sebagian
mungkin bertipe teknis yang menganalisis usulan sejumlah perusahaan yang
bersaing secara mendalam sebelum memilih pemasok. Pembeli lain mungkin
negosiator intuitif yang ahli dalam mengadu penjual satu dengan yang lain untuk
memperoleh tawaran terbaik.
Posting Komentar