Seseorang
terkadang meminta orang lain-teman, keluarga, rekan kerja dan para
profesional-supaya merekomendasikan produk atau jasa.
Oleh
karena itu, perusahaan mempunyai ketertarikan yang kuat untuk membangun sumber
pemasaran getok tular (word of mouth sources).
Sumber-sumber
itu mempunyai dua keuntungan utama:
Pertama, sumber itu
meyakinkan. Pemasaran getok tular atau pemasaran dari mulut ke mulut adalah
satu-satunya metode promosi dari konsumen, oleh konsumen, dan untuk konsumen.
Mempunyai konsumen yang setia dan terpuaskan dan membangga-banggakan bisnis
mereka dengan anda merupakan mimpi setiap pemilik bisnis. Tidak hanya konsumen
yang puas mengulangi pembelian, tetapi mereka juga menjadi papan promosi
berjalan bagi bisnis anda.
Kedua, biaya yang rendah.
Menjaga hubungan dengan konsumen dan mengubahnya menjadi sumber promosi getok
tular membutuhkan biaya yang relatif rendah.
Semakin
banyak informasi yang didapat, kesadaran dan pengetahuan konsumen tentang
adanya merek dan fitur akan meningkat. Dalam pencarian informasi, seseorang
banyak mempelajari merek yang tersedia. Informasi itu juga membantunya
meninggalkan pilihan merek tertentu. Perusahaan harus mendesain bauran
pemasarannya agar calon konsumen sadar dan tahu akan mereknya.
Secara
hati-hati perusahaan harus mengidentifikasi sumber informasi konsumen dan tingkat
kepentingan tiap-tiap sumber itu. Konsumen harus ditanyai bagaimana awalnya
mereka mendengar merek itu, informasi apa yang didapat, dan bagaimana mereka
mengurutkan tingkatan arti penting sumber informasi yang berbeda-beda
itu.
Posting Komentar